Abad Hampa, Poneglyph dan Senjata Kuno

Abad Hampa, Poneglyph dan Senjata Kuno - Abad Hampa atau Sejarah yang hilang Adalah sebuah masa dalam dunia One Piece di mana tidak ada seorang pun yang tahu apa saja peristiwa sejarah yang terjadi pada masa itu. Masa ini terjadi antara 900 - 800 tahun yang lalu atau sekitar 100 tahun lamanya. Para arkeolog di seluruh dunia telah mencoba memecahkan misteri sejarah ini dengan melakukan penelitian terhadap Poneglyph, tetapi tampaknya belum ada satupun yg berhasil memecahkannya.

Penjelasan Lengkap Abad Hampa, Poneglyph dan Senjata Kuno didunia One Piece.

  Poneglyph adalah prasasti sejarah yg terbuat dari logam yang sangat keras dan berbentuk kubus. prasasti ini tersebar di seluruh dunia dan sering kali tempatnya tersembunyi.
Poneglyph merupakan bahan penelitian utama para arkeolog karena konon di dalamnya tersimpan misteri sejarah yang hilang. Namun sayangnya, menerjemahkan Poneglyph sudah ditetapkan Pemerintah Dunia sebagai aksi kriminal kelas tinggi karena Pemerintah khawatir akan bangkitnya Senjata kuno.


Ohara ... Tempat kelahiran Nico Robin dibumi hanguskan oleh pemerintah dunia dengan menggunakan serangan buster call, karena arkeolognya yang sangat pintar dan bisa membaca Poneglyph.
Arkeolog Ohara adalah kebanggaan penduduk pulau itu. Markas besar mereka terletak di basement Pohon Pengetahuan, perpustakaan terbesar dan tertua di dunia. Dari sana mereka bekerja dan mengatur ekspedisi untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi unsur-unsur yang mengungkap sejarah dunia. Reputasi mereka adalah yang terhebat di lima samudra dan dianggap dunia sebagai para arkeolog terbaik di dunia.
Para peneliti Ohara tidak bisa mengabaikan misteri "abad yang hilang", padahal mereka di larang Pemerintah Dunia untuk melakukan penelitian tentang Poneglyph, mereka jelas mengambil resiko di bawah arahan pemimpin mereka, Profesor Clover.


  Nico Robin kecil adalah satu satunya arkeolog yang selamat dalam tragedi buster call tersebut,dan Setelah itu, Robin menjadi seorang buronan berharga 79.000.000 Berry karena dia seorang iblis terakhir dari Ohara, anak yang diketahui telah dapat membaca sejarah kuno Poneglyph. Karena pemerintah tidak bisa menyebutkan kejahatan sebenarnya yang dilakukan Nico Robin, pemerintah mencantumkan alasan kalau Robin telah meledakkan 6 kapal angkatan laut.
Nico robin sebagai satu-satunya penerus semangat ohara bercita-cita menemukan Rio Poneglyph "Gabungan Poneglyph" dan mengungkap sejarah dunia yang sesungguhnya, dan setelah bergabung dgn Luffy, dia percaya cita-citanya itu bisa tercapai.


Baca juga : Teori Luffy, The Power of Now, and The Power to Hear The Voice of All Things

Poneglyph secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
- Poneglyph yang memberitahukan lokasi Poneglyph lainnya
- Poneglyph yang berisikan informasi sejarah Kemudian ada satu poneglyph yang sangat spesial, yaitu Rio Poneglyph.

Menurut penjelasan Nico Robin, Rio Poneglyph adalah satu-satunya Poneglyph yang menuturkan Sejarah asli. “Sejarah asli” yg dimaksud di sini adalah sejarah tentang Abad Hampa itu sendiri.

  Sayangnya, Poneglyph yg ditemukan Robin sejauh ini hanyalah Poneglyph yang bercerita tentang Senjata Kuno yang sama sekali tak mengandung informasi sejarah. Robin menganggap Poneglyph yang seperti itu sama sekali tak penting baginya.

  Namun pemikiran Robin berubah semenjak ia membaca pesan rahasia Roger dalam bahasa poneglyph yg bertuliskan,  “Aku ada di sini… dan kata-kata ini membimbingku sampai akhir”.
Dari situ dia berpikir kalau semua Poneglyph yang ada di dunia ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Rio Poneglyph. Jadi, Ibarat sebuah buku, Poneglyph adalah 'halaman-halaman' yang berserakan di seluruh dunia, sedangkan Rio Poneglyph adalah bentuk utuh dari semua halaman yg berserakan tersebut.
Dengan munculnya definisi baru tersebut, berarti kita bisa berasumsi kalau poneglyph yang berisikan tentang senjata kuno pun termasuk bagian dari Rio Poneglyph.


  Menurut Robin, jika seluruh lembar sejarah yang berserakan ini terkumpul, ia bisa jadi penuntun menuju Raftel, sebuah pulau di ujung Grand Line di mana konon hanya kelompok bajak laut Gol D. Roger saja yang pernah menginjakkan kakinya di sana.

 Senjata Kuno atau disebut juga “Ancient Weapon”, adalah senjata-senjata legendaris penyandang nama dewa yang konon memiliki kekuatan penghancur yang luar biasa.
Senjata Kuno merupakan alasan Pemerintah Dunia untuk melarang penerjemahan Poneglyph dengan alasan Poneglyph tertentu mencantumkan informasi tentang senjata kuno. Pemerintah Dunia khawatir Senjata Kuno ini bangkit dan menyebabkan Perang di seluruh dunia.

Senjata Kuno berjumlah total 3 buah, yaitu Pluton, Poseidon, dan Uranus.

Pluton
Informasi senjata ini pertama kali ditemukan di Poneglyph Arabasta, di mana didalamnya juga mencakup lokasi sejata tersebut. Pluton berwujud sebuah kapal yang memiliki persenjataan canggih dan berdaya hancur tinggi, saking tingginya, konon Kerajaan Arabasta bisa musnah dengan sekali tembak saja.

Blueprint (kertas rancangan) Pluton sendiri dibuat oleh tukang kayu Water Seven jauh di masa lalu. Blueprint tersebut kemudian diwariskan turun temurun di kalangan tukang kayu Water Seven hingga akhirnya sampai ke tangan Franky. Belakangan, blueprint tersebut dibakar oleh Franky supaya tidak jatuh ke tangan pemerintah dunia.




Baca Juga : Teori Tentang Senjata Kuno Pluton

Poseidon
Informasi senjata ini pertama kali ditemukan di Poneglyph Shandora di pulau langit Skypiea.

Berbeda dengan Pluton, Poseidon bukan berbentuk kapal perang atau mesin, melainkan berbentuk mahluk hidup, atau tepatnya, seorang manusia putri duyung.
Poseidon adalah nama seorang mermaid princess yang hidup 800 tahun yang lalu. Kenapa Poseidon diklaim sebagai Senjata Kuno? Karena dia memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dan mengendalikan Sea Kings (monster laut yang berukuran extra-raksasa), konon kekuatan ini disebut-sebut sebagai kekuatan yang sanggup menghancurkan dunia.


  Selang waktu beratus tahun kemudian, Kekuatan tersebut terlahir kembali dalam diri mermaid princess yang hidup pada masa sekarang, yaitu putri Shirahoshi.

Uranus
Senjata Kuno yang menyandang nama dewa langit. Belum ada yang diketahui tentang senjata ini.

Beberapa informasi terkait sejarah yang hilang :

Senjata Kuno
keberadaan senjata kuno tercantum dalam Poneglyph meski belum ada kepastian apakah senjata-senjata tersebut berhubungan dengan Sejarah yang Hilang.

Kerajaan yang Hilang
disebut juga dengan “Lost Kingdom” atau “Ancient Kingdom” adalah sebuah Kerajaan yang pernah berdiri pada Abad Hampa.

Meskipun berdiri lebih 800 tahun yang lalu, kerajaan ini konon sudah memiliki peradaban yang sangat maju. Namun, kerajaan itu memiliki 'musuh'. Sang musuh menentang suatu kebijakan Kerajaan yang dianggap dapat membahayakan posisi mereka. Belum diketahui kebijakan macam apa yang telah dibuat kerajaan. Yang pasti, sang musuh kemudian memutuskan untuk menginvasi Kerajaan hingga akhirnya kerajaan itu kalah dan runtuh.

Setelah runtuh, segala informasi tentang kerajaan ini dihapus dengan hati-hati dan hingga sekarang tidak ada yang tahu seluk beluk kerajaan tersebut.

Identitas musuh hingga kini belum diketahui, tetapi Prof. Clover menduga bahwa World Government adalah musuh yang dimaksud. Alasannya karena, secara kebetulan, berakhirnya masa Abad Hampa bertepatan dengan lahirnya organisasi tersebut untuk pertama kalinya.

Joyboy (Sejarah di pulau Fishman Island)
800 tahun yang lalu, seorang manusia bernama JoyBoy membuat sebuah janji dengan Mermaid Princess terdahulu, Poseidon. Janji apa? belum diketahui.

  Sayangnya, entah bagaimana Joyboy tidak berhasil menepati janjinya. Dia pun menulis surat permintaan maaf kepada putri Poseidon pada sebuah poneglyph atas keingkarannya. Namun dia yakin suatu hari nanti akan muncul seseorang yg akan memenuhi janjinya pada "hari yang dijanjikan". leluhur
Fishman Island pun akhirnya memutuskan untuk melindungi bahtera Kapal Noah hingga "hari yg dijanjikan" itu tiba". Lalu kapan hari itu tiba? Kita tunggu saja.
(Untuk saat ini didalam dunia One Piece, baru Kelompok Bajak Laut Gol D. Roger saja yang diketahui berhasil mengungkap Sejarah yang Hilang). Seperti kata Silvers Rayleigh.

Ada kemungkinan sejarah yang hilang berkaitan erat dengan One Piece & Will Of D.


Baca Juga : Teori Haoshoku no Haki atau Haki Raja

Road Poneglyph 
 Baru-baru ini kita dihebohkan dengan adanya Road Poneglyph yaitu Batu Berwarna Merah yang Erat kaitannya dengan Raftel.

 Road Poneglyph merupakan salah satu jenis dari Poneglpyh. Sebelumnya telah kita ketahui terdapat 2 jenis Poneglyph lain, yang masing-masing berisikan tentang kebenaran sejarah pada abad kekosongan dan petunjuk menuju lokasi 3 senjata kuno. Road Poneglyph sendiri berfungsi sebagai petunjuk untuk menuju Raftel, pulau impian para bajak laut, yang isinya lebih berbentuk seperti peta.

 Secara fisik, Road Poneglyph berbentuk seperti batu kubus besar seperti Poneglpyh pada umumnya. Namun Road Poneglyph sendiri berwarna merah tua berbeda dengan Poneglyph yang telah ditampilkan sebelumnya yang berwarna biru tua.

 Road Poneglyph pertama kali ditemukan di dalam hutan paus Pulau Zou tempat dimana Raizou ninja dari Negeri Wanokuni disembunyikan.


 Road Poneglyph dapat menuntun seseorang menuju akhir dari Grand Line, tempat tujuan bagi para bajak laut hebat, Raftel.


 Di dunia hanya terdapat 4 buah Road Poneglyph, dimana tiap Road Poneglyph tersebut menunjukan 4 lokasi berbeda yang apabila ke empat lokasinya bisa ditemukan dan kemudian dihubungkan pada peta, maka dipusat pertemuannyalah terdapat Pulau Legendaris, Raftel.
Inilah Lokasi daripada ke-empat Road Poneglyph tersebut yaitu:
1. Pulau Zou
2. Yonkou Kaidou
3. Yonkou Big Mom
4. Belum diketahui


Pembuat Poneglyph
Terungkap bahwa Klan Kouzuki dari Negeri Wano adalah pembuat dari batu besar mulia bersejarah yang tidak bisa hancur, yaitu Poneglyph yang ada di seluruh dunia. Mereka adalah klan yang ahli dalam kerajinan pahat batu 800 tahun yang lalu dan keahlian membaca tulisan tersebut diwariskan secara turun temurun yang sayangnya telah terputus pada Yang Mulia Oden Kouzuki yang merupakan ayah dari Momonusuke. Diketahui pula, bahwa Oden Kouzuki telah ikut mendarat di Pulau Raftel bersama Raja Bajak Laut pada saat itu, Gol. D. Roger.
Dari Road Poneglyph dapat dibuat gyotaku atau salinannya, banyak orang yang tertarik pada abad kekosongan membuat salinan dari Poneglyph yang ada di seluruh penjuru dunia namun tak satupun dari mereka yang dapat menerjemahkannya. Setelah sepeninggalan Oden Kouzuki, praktis menjadikan Robin sebagai satu-satunya orang yang dapat menafsirkan isi dari Poneglyoh dan menjadikannya sebagai orang yang paling dicari, bukan hanya oleh Pemerintah Dunia.


Baca Juga : 
Refrensi Artikel :
- Wiki One Piece Indonesia
- Onepiece Ciepo - Gol D. Ragon
- RokushimiMaster - Buku "Teori One Piece Edisi Revisi"